Manajemen Pengembangan Sumber Daya Pendidik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Hidayah Purwogondo Kalinyamatan Jepara

  • Imam Machali UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fia Ainul Munawaroh Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an (STIQ) Yogyakarta
Keywords: Manajemen, Pengembangan, Pendidik

Abstract

Artikel  ini mengkaji tentang  Manajemen  Pengembangan Sumber Daya  Pendidik di Taman Pendidikan Alquran  (TPQ) Al-Hidayah  Purwogondo Kalinyamatan   Jepara. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan  pelaksanaan manajemen pengembangan sumber daya pendidik di TPQ Al-Hidayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen pengembangan sumber daya pendidik di TPQ Al-Hidayah dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu menentukan program, proses yang dibutuhkan lembaga, menyusun  program,  proses perencanaan pengembangan yang disesuaikan dengan visi, misi, dan tujuan TPQ, melaksanakan  program, dan proses yang telah direncanakan, serta mengevaluasi pelaksanaan  program yang telah dilaksanakan.  Adapun  faktor yang mendukung  dalam  pelaksanaannya adalah kuantitas  sumber daya pendidik yang tidak terlalu  banyak,  motivasi  yang tinggi baik dari kepala TPQ maupun dari asātiż  serta berbagai dukungan  dari masyarakat,  Pemkab  Jepara, dan dari lembaga Qiroati  pusat. Sedangkan faktor yang menghambat adalah keterbatasan waktu  yang dimiliki oleh asātiż serta keterbatasan dana yang ada.

 

Published
2020-02-05