Pola Pendidikan Pluralisme Agama; Studi di Desa Wayame Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon

  • La Musni Fakultas Agama Islam Universitas Iqro Buru Ambon
Keywords: Pendidikan, Pluralisme Agama

Abstract

Penelitian  ini bertujuan  mengungkap pola pendidikan  pluralisme agama  di desa Wayame kecamatan teluk ambon kota ambon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi  pola pendidikan  pluralisme agama di Desa Wayame,  yaitu: dialog antarumat beragama biasa dilakukan di rumah ibadah masjid dan gereja, membentuk mekanisme lokal yang biasa disebut TIM 20 atau tim rujuk sosial pada saat konflik, tim ini bertugas untuk menjaga keamanan  desa sekaligus mengkanter isu atau informasi  yang berbaur konflik, dalam hal ini lewat pendekatan  pendidikan,  baik secara internal (Islam-Kristen) maupun secara eksternal. Secara internal  masing-masing pemeluk  agama  melakukan  pendidikan kepada pengikutnya   berdasarkan  nila-nilai  toleransi  dan secara  eksternal   pendidikan dilakukan  secara umum dalam arti pembinaan  dilakukan  dengan menggabungkan dua komunitas.

Published
2020-02-05